Pengembangan Akademik UIN Sunan Kalijaga di Pamerkan di Pendis EXPO 2017

Selama 4 Hari (21 s/d 24/11/17) UIN Sunan kalijaga mengikutiInternational Islamic Education Expo 2017,yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, di ICE BSD City Serpong. Berbagai karya inovasi dan pengembangan akademik UIN Sunan Kalijaga dipamerkan pada agenda besar ini. Karya-karya yang ditampilkan antara lain:

Karya-karya Ilmu-ilmu Keislaman, Sosial dan Humaniora

Di bidang pengembangan karya akademik para Dosen dan Mahasiswa, UIN Sunan Kalijaga telah memberikan kontribusi keilmuan dan prestasi yang sangat signifikan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Karya-karya dosen yang diterbitkan di tingkat internasional, baik di jurnal maupun di antologi, antara lain:

  1. Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., “Ali Shari’ati dan Bint al-Shati’ in Free Will: A Comparison,”Journal of Islamic Studies(1998) (Inggris),
  2. Prof. Dr. H.H. Amin Abdullah, “Divinity and Humanity in Christianity and Islam”,Exchange(2015) (Belanda),
  3. Dr.phil. Sahiron, M.A., “Muhkam and Mutashabih: An Analytical Study of al-Tabari’s and al-Zamakhshari’s Interpretations of Q. 3:7,”Journal of Qur’anic Studies1,1 (1999) (Inggris); Abu Hanifah’s Use of Solitary Hadith as Source of Islamic Law,”Islamic Studies(2001) (Pakistan); “A Peaceful Message beyond the Permission of Warfare (Jihad): An Interpretation of Q. 22: 39-40,” dalam Roberta R. King dan Sooi Ling Tan (eds.),(un)Common Sounds: Songs of Peace and Reconciliation among Muslims and Christians(Oregon: Cascade Books, 2014) (USA); “In Search of the Integration Hermeneutics and Ulumul Qur’an,” dalam Volker Kuester dan Robert Setio (eds.),Muslim Christian Relations Observed(Leipzig: E. Verlagsanstalt, 2014) (Belanda dan Jerman); “Gottes Bahrmherzlichkeit,” dalamKoran erklaert(Berlin: Suhrhamp, 2017) (Jerman).

Adapun karya-karya yang diterbitkan di tingkat nasional sangat banyak jumlahnya dalam berbagai bidang, seperti Kajian al-Qur’an, Hukum Islam, Pendidikan Islam, Pemikiran Islam dan lain-lain, tetapi yang ditampilkan pada pameran ini hanyalah sebagian saja, yakni karya-karya Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. (Rektor UIN Sunan Kalijaga), Prof. Dr. Sutrisno (Wakil Rektor I), Dr,phil. Sahiron, M.A. (Wakil Rektor II), Dr. Waryono (Wakil Rektor III), Prof. Noorhaidi, Ph.D., (Direktur Pascasarjana), Dr. Al-Makin, Dr. Moh. Soehada, Dr. Ahmad Yani Anshori, Dr. H. Zuhri, M.Ag., Pihasniwati, M. Psi., Dr. Sukiman, M.Pd., Dr. Sri Sumarni, Prof. Dr. Hamruni, Dr. Ahmad Arifi, Dr. Juwariyah, M. Ag., Dr. H. Sumedi, M. Ag., dan lain-lain.

Sementara, penerbitan jurnal ilmiah ditampilkan satu-satunya Jurnal Internasional bidangIslamic Studiesdi lingkup PTKIN yang telah berhasil meraih Akreditasi A dan terindeksSCOPUSyakni; Jurnal Al-Jamiah. Selain itu ditampilkan berbagai Jurnal Ilmiah dari semua Fakultas (Ashuluddin dan Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Adab dan Ilmu Budaya, Syari’ah dan Hukum, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora, Ekonomi dan Bisnis Islam), serta Program Pascasarjana, juga Pusat Studi Wanita.

Produk Inovatif dalam Bidang Sains

Di bidang karya inovasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menampilkan karya inovasi bidang sains dan teknologi:

Pertama, Produk Kolaboratif antara Desain Industri dengan Teknik Elektro. Bentuk karya desain lampu arus DC berbahan bakar perpaduan tanah liat dengan air atau air garam. Desain Lampu dilengkapi rakitan elektrolid dari paduan tanah liat dan air atau air garam. Jika dengan air akan berdaya lemah, dan jika dengan air garam akan berdaya lebih kuat. Voltase dan arus listrik yang dihasilkan dari rakitan tanah liat dan air garam bisa disalurkan untuk membuat lampu listrik menyala. Untuk membuat daya yang lebih besar lagi bisa dikembangkan dengan arus AC. Sementara dari sisi pengembangan desain produk, dikembangkan desain-desain sesuai kebutuhan konsumen, dengan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment). Karya ini merupakan karya kolaboratif dari Trio Yonathan Tejo Kusumo, ST., MT., (Dosen Prodi Teknik Industri yang juga merupakan alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Muhammad Ja’far Abdurrahman dan Vindy Vitriana (Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga). Dari inovasi ini bisa dikembangkan rakitan berbagai desain produk kebutuhan masyarakat seputar energi listrik.

Kedua, Inovasi kruk sebagai tempat duduk. Hasil karya Taufiq Aji, M.T. (Dosen Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga) ini dilatarbelakangi dari orang-orang lanjut usia yang kebanyakan dalam sholat melakukannya dengan duduk. Dimana dalam penerapan sehari-hari masih menggunakan kursi sebagai sarana penunjang aktivitas sholat mereka. Berangkat dari itu mahasiswa Prodi Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga berinovasi dengan merancang desain produk kruk yang bisa digunakan sebagai tempat duduk. Produk ini dasarnya hanya sebuah kruk biasa tetapi didesain agar penggunanya juga bisa menggunakannya sebagai tempat duduk dengan cara membuka kedua bagian kruk hingga melebar seperti kursi yang ada penyangganya. Sehingga dalam prakteknya pengguna kruk tidak perlu resah lagi jika suatu saat ingin melaksanakan sholat menggunakan tempat duduk dimana ia tidak mendapati kursi di masjid tersebut. Selain itu produk ini juga berfungsi bagi pengguna kruk yang merasa lelah tetapi tidak mendapati kursi dimana ia berada.

Ketiga, alat pengukur dimensi tubuh digital. Alat ini merupakan hasil karya Trio Yonathan Tejo Kusumo, ST., MT. dan Faurosi (Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga) yang berupa inovasi pengukuran dimensi tubuh dengan menggunakan kamera. Jadi orang yang akan diukur dimensi tubuhnya cukup berdiri di depan kamera dan hasilnya muncul dilayar komputer.

Mereka saat ini juga sedang mengembangan desain produk listrik berbahan bakar sampah. Pengembangan ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan polusi sampah. Sampah-sampah yang sudah tidak bisa dimanfaatkan atau di daur ulang, bisa dimanfaatkan melalui pembakaran. Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah ditampung untuk diubah menjadi energi listrik. Pengembangan inovasi ini sudah sampai pada tahap membuatan prototipe.

Prestasi Mahasiswa

Berbagai prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam ajang kompetisi di tingkat regional, nasional dan internasional juga ditampilkan. Dalam satu tahun terakhir (2017) tidak kurang dari 360 mahasiswa berhasil menorehkan prestasinya di ajang kompetisi ilmiah, seni, olahraga, dan seni. 3 orang mahasiswa terpilih mengikuti programStudent MobilitydanStudent Exchangedi Australia dan Austria, 2 orang Mahasiswa berhasil menjuarai kompetisi Kempo tingkat internasional, 1 orang menjadi juara II kompetisi MTQ tingkat internasional di Iran, 2 orang mendapatGatsby Awarddi Jepang, 5 orang memenangkan seleksi untuk mengikuti Simposium dui Madinah. Di level regional dan nasional, tidak kurang dari 350 orang Mahasiswa berhasil menjuarai, baik sebagai juara I, II dan III berbagai ajang kompetisi.

Informasi PMB, Beasiswa, fasilitas, sarana dan prasarana, capaian akademik, jaringan kerjasama nasional dan internasional, serta program-program akademik dan non-akademik yang dilakukan berdasarkan standar mutu melengkapi sajian pameran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semua ini diperjuangkan UIN Sunan Kalijaga sebagai komitmen untuk segera mencapai cita-cita menjadiRisetdanWorld Class University(Humas UIN Sunan Kalijaga).