UIN Sunan Kalijaga Bersama PTN DIY Gelar Sosialisasi SNMPTN-SBMPTN

Mengawali pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di DIY yakni; UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pembangunan Nasional Veteran dan Institut Seni Indonesia melaksanakan sosialisasi. Pada kegiatan ini, panitia gabungan lima perguruan tinggi mengundang para kepala sekolah SLTA se-DIY. Sekitar 425 Kepala sekolah SMA/SMK/MA yang ada di seluruh DIY hadir di Auditorium UNY mendengarkan sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN yang digelar oleh panitia lokal, Selasa(16/1).

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Ridwan, M.Hum menjelaskan penerimaan mahasiswa baru di kampus tahun ini diselenggarakan melalui lima jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, UMPTKIN, dan seleksi Mandiri. Untuk jalur pertama SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik menggunakan rapor dan portofolio.” Kalau SBMPTN seleksi ujian tertulis berbasis cetak (UTBC) atau berbasis Komputer (UTBK) dan ujian keterampilan” kata Ridwan.

Ridwan menerangkan kuota calon mahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk SNMPTN 401 orang sedangkan SBMPTN 526 orang, SPANPTKIN 1105 dan UMPTKIN 663 serta jalur mandiri 829 dari total alokasi daya tampung 3.524. Sedangkan prodi yang ditawarkan SNMPTN-SBMPTN ada 17 prodi dari total 41 prodi yang dimiliki.