Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Raih Akreditasi “A”

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih akreditasi “A” berada pada point 97,5 dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sertifikat Akreditasi dengan Nomor : 00034/LAP.PT/XII.2017, yang diterima UPT. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga tersebut berlaku mulai tanggal 20/12/17 s/d 20/12/20.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dra. Labibah Zain, MLIS mengatakan pengembangan perpustakaan kampus ini sudah mengalami beberapa fase, pemenuhan infrastruktur dan fasilitas, pengembanganhuman resource pustakawan, sampai peningkatan aksesibilitas perpustakaan untuk sivitas akademik kampus. Pihaknya berharap, Akreditasi “A” yang disandang UPT. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dapat lebih mendukung termewujudnya impian UIN Sunan Kalijaga menjadi World Class University dalam Bidang Kajian Keislaman.

Prestasi ini dicapai karena dukungan pimpinan kampus yang peduli kepada perpustakaan kampus. Selain itu peran pustakawan tidak kalah penting dalam mensukseskan program kerja pengembangan perpustakaan ini. Juga peran segenap sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kata Labibah.

Labibah mengharapkan, ke depan tenaga pustakawan diberi keleluasaan pelatihan-pelatihan kompetensi personal, untuk memberikan nilai plus bagi setiap pustakawan UIN Sunan Kalijaga yang telah memiliki kompetensi standar. Selain itu, meningkatan aksesibilitas teknologi informatika bagi sivitas akademika untuk mengembangkan penelitian dan keilmuan, serta internasionalisasi fungsi perpustakaan kampus dengan mengikutkan pustakawan dalam kegiatan berskala internasional untuk menyerap pengetahuan yang akan diterapkan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. (Khabib)