Dosen UIN Sunan Kalijaga Ikuti Short Course Di Umm al-Qura University Makkah

Sebanyak 20 dosen bahasa Arab kampus Islam di Indonesia mengikuti Summary Short Course di Umm al-Qura University Mekkah. Mereka terpilih dari 200 orang jumlah pendaftar untuk mengikuti pelatihan setelah melalui seleksi administrasi dan interview, sebagaimana dijelaskan oleh Nurhizbullah, PIC rekrutmen peserta dari Pesantren Darunnajah Jakarta.

Salah satu peserta Muhajir adalah dosen bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti pelatihan dengan peserta dosen-dosen bahasa Arab lainnya baik dari PTKIN maupun PTKIS yang berlangsung selama kurang lebih 40 hari dari tanggal 28 Juni sampai dengan 4 Agustus 2018

Prof. Dr. Hasan Bukhori, Dekan Fakultas Bahasa Arab untuk Non-Arab yang sekaligus sebagai Imam Masjidil Haram, dalam sambutan pembukaan Short Course memaparkan bahwa, pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedualian Umm al-Qura University akan pentingnya pengembangan pembelajaran bahasa Arab untuk masyarakat Non Arab. Menurutnya bahasa Arab tidak saja milik orang Arab akan tetapi menjadi bagian milik dunia terlebih bahasa Arab telah ditetapkan menjadi bahasa PBB.

Menurutnya Indonesia adalah mitra setrategis bagi Umm al-Qura University pada khususnya dan kampus-kampus di Arab Saudi pada umumnya, mengingat populasi muslim terbesar dunia ada di Indonesia. Selain itu penyelenggaraan pelatihan diharapkan akan menjadi awal dari kerjasama perguruan-perguruan tinggi Islam di Indonesia dengan Umm al-Qura University, baik kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menurut dosen bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Muhajir peserta Short Course mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi dosen-dosen bahasa Arab baik kompetensi pedagogik terlebih kompetensi profesionalitas.

“ Materi yang disampaikan oleh tentor seperti cara merencanakan, mengajar dan evaluasi bahasa Arab. Selain itu ada pendalaman materi bahasa Arab tentang fiqh kontemporer, perkembangan pemikiran Islam modern,” kata Muhajir ketika melaporkan dari kampus setempat, Selasa(10/7) kemarin.

Lebih lanjut Muhajir menjelaskan, pelaksanaan pelatihan tahun ini adalah lanjutan dari kegiatan pelatihan tahun-tahun sebelumnya, sebagimana diketahui bahwa Umm al-Qura University setiap tahun menyelenggarakan Short Course bagi dosen-dosen bahasa Arab Indonesia. Peserta pelatihan akan mendapatkan materi kebahasaan dan kebudayaan.

Materi kebahasaan dilaksanakan di kampusUmm al-Qura University setiap hari Ahad sampai Kamis dari jam delapan sampai jam satu, sedangkan materi kebudayaan dilaksanakan di luar kampus setiap hari Sabtu dan Senin seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah (masya’ir), berkunjung ke ulama-ulama dan kunjungan ke perpustakaan-perpustakaan. (Khabib)