Annual Conference dan Simposium Nasional Ke VI Prodi Studi Agama-Agama

Perkembangan kajian terhadap agama sejak kelahirannya mengalami perkembangan yang sangat signifikan, baik dalam aspek metodologi maupun cakupan objek. Berdasarkan penelitian Frank Whaling, bahwa perkembangan studi agama-agama telah mengalami proses diversifikasi objek kajian dan diferensiasi metodologi dan pendekatan.

Prodi Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran IslamUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebagai salah satu institusi yang concerned terhadap kajian agama memandang perlunya sebuah wahana diskusi untuk melihat peluang dan tantangan akibat transformasi nomenklatur tersebut dari sisi ontologis, epsitemologis, dan sekaligus aksiologis. Untuk itulah, diselenggarakan Annual Conference dan Simposium Nasional ke VI ini sebagai wahana yang representatif untuk melihat secara mendalam persoalan tersebut.

Acara ini diselenggarakan pada Kamis – Jum’at (19-20/7) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di dua lokus. Pada 19 Juli 2018 acara dilaksanakan di Ruang Sidang Lt. 1 Gedung Prof. K.H. Syaifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Annual Conference yang menghadirkan beberapa pembicara ahli Studi Agama-Agama di Indonesia seperti Dr. Ustadi Hamsah, M.Ag., Dr. Zainal Abidin Bagir, MA., dan Dra. Siti Syamsiyatun, Ph.D. dan ahli Islamic Comparative Religion Prof. Dr. Djamannuri, MA. Selain itu, juga dihadiri oleh ahli-ahli dalam beberapa pendekatan studi agama, yaitu: Prof. Syafa’atun Almirzanah, Ph.D. Samsul Maarif, Ph.D. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag. dan Dr. Deni Miharja.

Kemudian Simposium pada Jum’at (20/7) dilanjutkan di Smart Room Lt. 2 Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara ini akan memfokuskan pada pemetaan SDM Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI) yang dihadiri oleh Dr. Ahmad Muttaqin, MA dan Dr. A. Zainul Hamdi, MA. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh perwakilan anggota ASAI dari seluruh Indonesia dengan pengalaman mengajar, meneliti dan mengabdi dalam bidang studi agama-agama.

Acara dua hari ini merupakan hasil kerjasama Prodi Studi Agama-Agama dengan ASAI, CRCS UGM Yogyakarta, Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, CSRS, dan Konfusius Center Prodi Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Khabib/Doni - humas)