Kelompok Studi Lingkungan, BIOLASKA Fakultas Saintek UIN Suka Menangkan Kompetisi Wana Lestari Nasional

BIOLASKA Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih juara II nasional dalam lomba Wana Lestasi kategori Kelompok Pecinta Alam (KPA). Kemenangan BIOLASKA ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SK.343/ MENLHK/ P2SDM/ PEG.7/8/2018 tentang Penerima Penghargaan Lomba Wana Lestari tingkat nasional 2018, yang menyatakan bahwa BIOLASKA berhasil meraih juara II nasional dalam lomba Wana Lestari kategori KPA (Kelompok Pecinta Alam). Piala dan piagam penghargaan diserahkan oleh Dirertorat Jendral Perhutanan Sosial KementrianLingkungan (Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc.), di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Ditemuai di ruang kerjanya, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Dr. Arifah Khusnuryani, selaku pembina BIOLASKA menjelaskan, Kegiatan Wana Lestari merupakan acara tahunan yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) demi mengembangkan SDM yang dibagi menjadi tujuh kategori, diantaranya adalah Kelompok Pecinta Alam (KPA).

BIOLASKA merupakan salah satu kelompok studi yang ada di fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga beranggotakan mahasiswa prodi Biologi dan Pendidikan Biologi yang terpilih untuk mengikuti lomba wana lestari dalam kategori Kelompok Pecinta Alam (KPA) mewakili DIY.

Lebih lanjut Arifah menjelaskan, keberhasilan ini dicapai dengan proses yang panjang. Tahapan lomba diawali dengan pemilihan KPA di tingkat DIY. Setelah BIOLASKA terpilih, kemudian dilanjutkan menuju tingkat nasional serta bersaing dengan KPA yang lain se-Indonesia.

Proses seleksi pada tahap nasional dinilai dari penyampaian dokumen (Presentasi kegiatan selama 3 tahun terakhir) dan verifikasi administrasi. Selain itu dilakukan juga verifikasi lapangan oleh panitia lomba yang diadakan dibeberapa lokasi kegiatan BIOLASKA diantaranya Kawasan Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo (12/07/2018). Presentasi terkait kegiatan BIOLASKA dilakukan Jumat (13/07/2018) di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Setelah meraih juara II nasional kategori KPA (Kelompok Pecinta Alam), dalam rangka pemberian penghargaan kepada para teladan lomba dan Apresiasi Wana Lestari 2018, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Temu Karya Pemenang Lomba diikuti oleh para pemenang lomba termasuk perwakilan dari anggota BIOLASKA yang dilaksanakan Rabu-Minggu (15-19/08/2018) bertempat di Hotel Menara Peninsula Jalan Letjen S. Parman Slipi, Jakarta Barat.

Keberhasilan ini merupakan keberhasilan bersama, karena berkat kerja keras dan kekompakan anggota BIOLASKA dalam setiap kegiatan dan berkat dukungan semua pihak di fakultas, BIOLASKA dapat mencapai prestasi ini. Prestasi ini dipersembahkan oleh keluarga BIOLASKA untuk kemajuan Program studi Biologi maupun Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, dan tentunya Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, demikian ungkap Arifah. (Weni)