UIN Sunan Kalijaga dan SEU Jalin Kerjasama Pembelajaran Online

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bersama 44 Perguruan Tinggi di Indonesia menjalin kerja-sama dengan Saudi Electronic University (SEU). Penandatanganan naskah Mamorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan di kampus Universitas Negeri Malang, 28/9/18 lalu. MoU antara UIN Sunan Kalijaga dengan SEU yang disepakati kedua belah pihak adalah dalam ruang lingkup pembelajaran bahasa Arab dan ujian kompetensi bahasa Arab berstandar internasional.

Hadir dalam penandatangan MoU tersebut Rektor SEU Prof. Dr. Abdulllah Ibn Abdul Aziz al-Musa. Dalam sambutannya Rektor SEU berharap kerjasama dengan Perguran Tinggi di Indonesia ini dapat berjalan dengan baik serta mambawa manfaat bagi mahasiswa khususnya dalam belajar bahasa Arab. Lebih lanjut Prof. Abdullah menjelaskan bahwa materi bahasa Arab yang dikembangkan dalam perkuliahan online ini berbasis pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages). SEU tidak saja memberikan layanan pembelajaran online bahasa Arab akan tetapi juga materi-materi lain seperti ekonomi, keuangan dan sosial dengan pengantar bahasa Inggris.

Sementara itu, UIN Sunan Kalijaga diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Waryono Abdul Ghafur dan staf Internasional Office yang juga Dosen Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Muhajir. Dalam sambutan selesai penandatanganan MoU, Dr. Waryono menyampaikan, bagi UIN Sunan Kalijaga kerjasama perkulian online ini sebagai upaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan langkah menuju World Class University in Islamic Studies.

Pihaknya berharap, MoU kali ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Arab mahasiswa dan dosen. Pelaksanaan penandatanganan MoU antara SEU dengan 45 Perguruan Tinggi terlaksana atas inisiasi Asosiasi Pengajar Bahasa Arab Indonesia IMLA (Ittihad Mudarrisi al-Luhgah al-Arabiyah al-Idunisiyyin). (Weni)