UIN Sunan Kalijaga Kerjasama Pemkab HSS Kembangkan Potensi Daerah

Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjalin kerja sama di ruang kerja Bupati HSS, Senin (5/11) kemarin. Penandatanganan MoU dalam rangka kerja sama pelaksanaan penelitian, pengabdian, pengembangan serta pemberdayaan sumber daya di Kabupaten HSS.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini di tandatangani langsung oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Waryono, M.Ag. Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad dan disaksikan Pejabat Sekretaris Daerah H. Hubriansyah, Kepala Bakeuda H Muhammad Noor, Kepala Bapelitbangda H. Iwan Friady dan Kepala Dinas PMD Kamidi.

H. Waryono mengatakan UIN Sunan Kalijaga ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten HSS melalui penjajakan MoU tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan serta permberdayaan sumber daya. Sehingga, masing-masing pihak dapat bersinergi untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya daerah dan kampus melalui bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat.

Lebih lanjut Waryono menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga ke depannya akan mengirim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Kabupaten HSS untuk pengabdian masyarakat. Selain program KKN sendiri ada kegiatan penelitian dan pengembangan ekonomi kreatif maupun pemberian beasiswa.

Bupati HSS H. Achmad Fikry menyambut baik dilaksanakan kesepakatan kerjasama ini. Kepada tim dari UIN Sunan Kalijaga, Ia menjelaskan tentang gambaran umum Kabupaten HSS serta potensi – potensi yang dapat dikembangkan di Kabupaten HSS khususnya bidang pertanian.

Achmad Fikry menjelaskan visi misi Kabupaten HSS lima tahun ke depan yaitu menuju kabupaten yang cerdas, inovatif,teknologis, dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat. “Untuk mewujudkan semua itu, partisipasi perguruan tinggi dalam mendukung program pembangunan sangat diperlukan” kata Bupati dua periode ini.

Setelah acara penandatangan dan ramah tamah, turut diserahkan kenang-kenangan dari kedua belah pihak baik dari pihak Pemkab HSS dan UIN Sunan Kalijaga berupa pemberian buku serta jaket almamater untuk Bupati dan Wakil Bupati HSS. (Khabib/humas)