UIN Sunan Kalijaga Akan Gelar Festival Budaya dan Makanan India.

Hubungan Indonesia, khususnya Yogyakarta dengan India telah terjalin sejak ribuan tahun lalu. Hal tersebut ditandai dengan berbagai penemuan arkeologi yang mengidentikkan hubungan India dan Jawa pada masa silam. Momentem inilah yang ingin kembali dijalin Pemerintah India melalui Kedubes India di Indonesia dengan menggelar India Cultural Week (ICW) atau Pekan Budaya India kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 17-23 Desember 2018.

Wakil Duta Besar India untuk Indonesia, Prakash Gupta menyampaikan, hubungan India dan Indonesia selama ini juga sangat baik. Bahkan sudah terjalin semasa pemerintahan PM. Nehru dan Presiden Soekarno yang bersahabat baik. Jalinan sejarah tersebut yang tidak bisa dilepaskan hingga kami ingin melanjutkannya.

Prakash menambahkan kegiatan ini akan bernuansa budaya dan pariwisata dengan mendatangkan langsung dari India. Dengan demikian diharapkan masyarakat makin mengenal India dengan segala latar belakang dan dinamika yang dimiliki guna makin mengakrabkan hubungan dua negara maupun antarorang perorang di dua negara tersebut.

Kegiatan ICW 2018 sendiri akan disemarakkan sejumlah event menarik, seperti Yoga pada 17 Desember, Pameran Foto digelar 17-23 Desember, seminar pendidikan pada 17 Desember, event budaya seperti tarian dan musik India dilangsungkan 17 Desember di UIN Sunan Kalijaga hingga festival Makanan India yang akan berlangsung berbarengan. “ Kami akan datangkan langsung koki dari India agar cita rasanya benar-benar sesuai dan khas India,” sebut Prakash saat bersilaturahmi ke UIN Sunan Kalijaga.

Selain itu dalam ICW ini juga akan digelar seminar pendidikan dan Festival Film India selama tujuh hari dengan menampilkan tujuh film terbaru Bollywood. Tentunya semua sajian menarik ini dapat diikuti masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dalam mengenai pendidikan dan kebudayaan India.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. KH. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menjelaskan, kegiatan ini akan makin membuka informasi tentang India yang merupakan negara demokrasi dengan masyarakatnya yang plural. Bahkan, India yang selama ini dikenal identik dengan Hindu menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar kedua setelah Indonesia.

“ Penyelenggaraan ICW di UIN Sunan Kalijaga juga merupakan bentuk pengakuan internasional sehingga sejalan serta mendukung upaya kami menjadi universitas kelas dunia. Selain itu juga wadah melatih keluarga besar UIN Sunan Kalijaga untuk berinteraksi secara internasional melalui pendekatan budaya,” kata Yudian. (Khabib/humas)