Pameran Sejarah Kebudayaan Islam Di India Dalam Bingkai Foto dan Film

Sejarah panjang kebudayaan India dan Indonesia memiliki keterkaitan satu sama lain. Misalnya ditinjau dari sisi arkeologi, ada sejumlah stupa dari India yang berada di Nusantara ketika itu dan kini usianya sudah ratusan tahun.

Namun yang kemudian perlu diketahui, kendati India dikenal sebagai tanah Hindustan, namun memiliki sejarah yang panjang pula tentang Islam. Tidak sedikit peninggalan arkeologi kebudayaan Islam di negara tersebut. Banyak pula tokoh Islam masyhur diberbagai bidang yang berasal dari negara di Asia Tengah tersebut.

Fakta tersebut yang mendasari diadakannya Pameran Foto Peninggalan Islam di India, di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 17-23 Desember 2018. Kegiatan ini rangkaian Indian Cultural Week (ICW) atau Pekan Budaya India 2018 kerja sama Kedubes India di Indonesia dan UIN Sunan Kalijaga.

“Melalui pameran tersebut kami berharap masyarakat luas makin mengenal wawasan, bahwa India juga memiliki sejarah perkembangan Islam yang mewarnai perjalanan Islam di dunia,” tutur Wakil Duta Besar India untuk Indonesia , Prakash Gupta.

Menurut Prakash, dari lebih satu miliar penduduk India, sebanyak 150 juta atau sekitar 18 persen memeluk agama Islam. Jumlah ini menjadikan India sebagai negara kedua dengan penduduk Islam terbesar di dunia setelah indonesia.

Dalam pameran tersebut ditampilkan sejumlah foto bangunan masjid, kerajaan Islam hingga makam-makam sultan atau tokoh Islam di India. Sehingga diharapkan masyarakat tidak hanya mengenal Taj Mahal sebagai ciri Islam di India, namun banyak lagi yang perlu diketahui.

Selain pameran, rangkaian kegiatan tersebut juga disemarakkan dengan penayangan film dalam Festival Film India di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Sejumlah film Bollywood terbaru siap memberikan hiburan bagi masyarakat Yogyakarta yang dibuka untuk umum.(Ch)