Alhamdulillah, UIN Sunan Kalijaga Berhasil Mempertahankan Akreditasi Institusi dengan Nilai A - Skore 372 dari BAN – PT

UIN Sunan Kalijaga berhasil mempertahankan akreditasi institusi dengan nilai A-skore 372 dari Badan Akreditasi Nasional Perguriun Tinggi (BAN – PT), setelah melewati proses visitasi dari lima Assesor, Jum’at (14/12/18). Penetapan akreditasi institusi dengan nilai A berdasarkan sertifikat akreditasi tertulis Surat Keputusan BAN – PT Nomor 464/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Sertifikat akreditasi berlaku lima tahun sejak 20/12/2018 s/d 20/12/2023.

Sementara itu, lima assesor BAN – PT yang melakukan visitasi dan menetapkan terakreditasi A untuk UIN Sunan Kalijaga adalah: Prof. Dr. Suwito, MA., Prof. Dr. Muhammad Zarlis, M. Sc., Prof. Dr. Soesanto, M. Pd., Dr.Budhy Kurniawan, M.Si., Dr. Sugeng Listyo P., M. Pd.

Dihubungi via ponsel, karena masih dalam perjalanan dinas ke Maumere, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag., menyampaikan rasa syukurnya, kerja keras dan keterpaduan semua pihak di kampus UIN Sunan Kalijaga telah membuahkan hasil yang membanggakan institusi. Pada lima tahun sebelumnya, saat dilaksanakan akreditasi institusi yang pertama, UIN Sunan Kalijaga telah berhasil meraih akreditasi A. Kini yang kedua kalinya UIN Sunan Kalijaga berhasil mempertahankan akreditasi A dengan skore yang lebih maksimal.

Keterpaduan dan kebersamaan semua pihak ini patut terus dipertahankan, sebagai implementasi nilai-nilai ke-Islaman dalam budaya pengembangan akademik. Pihaknya berharap, keterpaduan dan kebersamaan selama ini terus menginspirasi dan memotivasi dalam proses-proses akreditasi internasional selanjutnya, hingga UIN Sunan Kalijaga benar-benar mencapai pengakuan sebagai universitas kelas dunia. Prof. Sutrisno juga menyampaikan rasa bangganya kepada semua alumni yang turut mensuport tercapainya Akreditasi A dengan nilai yang lebih maksimal ini.

Menurut Prof. Sutrisno, perolehan Akreditasi A dengan nilai maksimal ini tidak lepas dari kerja keras dalam membangun keunggulan akademik sebagai keunggulan kompetitif yang dilakukan oleh para pemikir di kampus ini. Semua itu menjadi pertimbangan yang amat penting dari para assesor. Diantara keunggulan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari segi akademik adalah (1) core values berhasil diturunkan pada visi, misi, tujuan dn sasaran Universitas, fakultas, prodi serta unit-unit. (2) Ortaker dan statuta dijadikan rujukan utk penyusunan RIP, Renstra dan Renop atau RKAKL. (3) visi, misi, tujuan dan sasaran diturunkan ke profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, matrik bahan kajian, matakuliah, bobot sks, metode pembelajaran, penilaian serta sampai penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS). Semua itu tersistematis dan terimplementasi dengan baik dalam setiap proses belajar mengajar di kampus ini, demikian jelas Prof. Sutrisno. (Weni)