Seminar dan Training Pusat Inkubasi Bisnis Islam” Menuju Islamic Entrepreneur”

Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang memiliki kekuatan besar dan mampu menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pengangguran serta memperkecil angka kemiskinan. Jumlah UMKM di provinsi DIY menjadi sumber daya yang signifikan bagi peningkatan perekomian masyarakat.

Melihat kondisi perkembangan UMKM yang semakin pesat sehingga kami dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan PT Pegadaian Syariah mengadakan Seminar dan Training Inkubasi Bisnis Islam dengan tema “Menuju Islamic Entrepreneur”, Senin-Jumat (18-21/3) di ruang Auditorium Lt. 5 Gedung Ali Maksum FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 50 UMKM dari masyarakat umum dan 20 mahasiswa FEBI yang mempunyai pengalaman atau sudah memiliki bidang usaha tertentu. Dalam seminar dan training ini mendatangkan tujuh pembicara yang ahli dalam bidang Bisnis Islam baik praktisi maupun akadmisi di antaranya dr. Ferihana (Founder Jalabeeb dan Ferihana Cosmetic), dan Anang Darmawan (Seepilis), Dr. Shofiyullah Muzammil (Dosen FEBI UIN SUKA), Aqidah Sohiha ( Ceo Weku Art dan Design), Hasan Al Banna, M.E.I (Dosen FEBI UIN SUKA), Suryadin Laoddang ( Trainer dan Dosen jualan), dan Dinik Fitri Rahajeng (Dosen FEBI UIN SUKA).

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. H. Waryono, M.Ag mengatakan bahwa kita semua memiliki tanggung jawab dalam hal ekonomi. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) masih menunjukkan angka kemiskinan yang masih cukup tingi. Karena itu indikator keberhasilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam adalah ketika mampu mengangkat taraf hidup masyarakat yang rendah dan bahkan bisa menghidupi orang lain. “Dengan mengusung tema “Menuju Islamic Entrepreneur” acara tersebut diharapkan dapat membantu msayarakat dan mahasiswa dalam mengembangkan UMKM yang dijalaninya,” tutur Waryono dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Wakil Dekan Bid. Kemahasiswaan, dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. H. Shofiyullah MZ, S.Ag, M.Ag menyampaikan kerja sama yang dilakukan FEBI UIN Sunan Kalijaga dengan PT. Pegadaian Syariah merupakan pilot project bagi seluruh PTKIN se-Indonesia yang memiliki fakultas ekonomi dan bisnis islam.

Shofiyullah menambahkan, bagi mahasiswa yang merintis atau sudah punya usaha agar lebih profesional dan maksimal dalam menjalankan usaha, sekaligus sebagai bekal setelah lulus untuk bisa menciptakan peluang usaha baru. “Orang sukses bukan yang mampu mengumpulkan banyak uang akan tetapi, insan yang bisa memberikan manfaat bagi orang banyak,” tutur Shofiyullah.

dr. Ferihana menyampaikan tema Change Your Habit menjelaskan, bagaimana mengawali bisnis dengan hal yang baik dan menjalankan dengan kebisaan yang baik. “ Karena banyak dari kita terkadang mengawali bisnis bermodal hutang riba dan hal ini tidak kita sadari bisa menghambat berkembangnya bisnis yang kita jalani. “Karena memang memulai hal dari sesuatu yang baik itu sangat penting apalagi dalam berbisnis secara syariah ada keberkahan yang harus kita dapatkan,” terang dr. Ferihana.

Hari berikutnya kegiatan disampaikan oleh tiga pembicara yaitu Aqidah Sohiha yang menyampaikan bagaimana cara mengambil foto dengan baik sehingga bisa menarik konsumen. Kemudian Hasan Al Banna, M.E.I menjelaskan tentang Packaging Produk, dan selanjutnya di sampaikan oleh Suryadin Laoddang yang menjelaskan tentang Digital Marketing, “karena tidak bisa kita pungkiri sekarang sudah serba digital dan kita juga harus bisa mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal” ucap Suryadin, beliau juga menjelaskan bagimana cara memasarkan produk lewat media sosial mulai sari whatshapp, instagram, dan facebook.

Ketika hari ketiga dijelaskan tentang bagaimana pembukuan dan akuntansi yang disampaikan oleh Dinik Fitri Rahajeng dan juga pada hari yang sama sampai hari terkahir di pandu langsung oleh Tim Pegadaian Syariah menjelaskan tentang produk-produk Pegadaian Syariah yang bisa membantu para UMKM dan pengusaha untuk mendapatkan dana dengan prinsip syariah. Acara ini tidak hanya sampai pada seminar dan training saja akan tetapi akan ada pendampingan bagi para UMKM dan pengusaha dalam menjalani pengembangan bisnisnya. (Khabib/humas).