UIN Sunan Kalijaga Kembangkan Program Scholars Exchange dengan Universitas Flinders

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi MA PhD, menerima Prof Vanessa Lemm dan delegasi dari Universitas Flinders, Australia, Jumat (12/7/19). Prof Lemm merupakan Vice-President dan Executive Dean College of Humanities, Arts and Social Sciences. Dalam kunjungannya ini, Prof Lemm didampingi oleh Dr Priyambudi Sulistiyanto (Senior Lecturer) dan Mr David Nettlefold (Manager untuk urusan International Recruitment and Engagement). Kunjungan delegasi Universitas Flinders ini merupakan balasan atas kunjungan delegasi UIN Sunan Kalijaga pada bulan Maret silam, yang dipimpin oleh Prof Al Makin (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Dalam kesempatan ini, Prof Yudian menyambut hangat delegasi Flinders dan menyampaikan dukungannya pada program-program kerjasama akademik di antara dua universitas. Sejalan dengan internasionalisasi yang menjadi prioritas program kerja Rektor, Prof Yudian menyampaikan bahwa kerjasama akademik mutlak diperlukan untuk menambah wawasan dan daya saing global civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Kerjasama ini utamanya akan diarahkan pada pengembangan studi keislaman dan pengenalan kepakaran UIN Sunan Kalijaga di wilayah ini pada komunitas akademik dunia yang lebih luas.

Prof Al Makin, yang turut hadir menyambut delegasi Flinders, menginformasikan bahwa UIN Sunan Kalijaga akan memberangkatkan tiga peneliti/dosennya ke Universitas Flinders untuk kolaborasi riset pada bulan September depan. Sebaliknya, Universitas Flinders akan mengirim satu orang tenaga pengajar TESOL untuk menjadi fellow di UIN Sunan Kalijaga jelang akhir tahun ini. Kedua universitas sepakat akan meningkatkan intensitas kerjasama keduanya pada tahun anggaran 2020.

Direktur International Office UIN Sunan Kalijaga/Center for Developing Cooperation and International Affairs, Dr. Achmad Uzair, Ph.D. menamb ahkan, di luar skema kerjasama university-to-university tersebut, UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Flinders juga berinisiatif untuk menggandeng Kementerian Agama Republik Indonesia dalam penyelenggaraan skema khusus training mahasiswa doktoral. Skema khusus ini ditawarkan sebagai solusi atas persoalan bahasa yang kerap menjadi hambatan calon mahasiswa doktoral berlatar belakang Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dalam skema khusus ini, Universitas Flinders menawarkan kursus peningkatan kemampuan penulisan akademik dan pelatihan bahasa Inggris sebagai bagian yang integral dari pendidikan doktoral. (Weni/Doni)